Penilaian Kualitas Visual Fasade pada Pusat Perbelanjaan Berdasarkan Persepsi Masyarakat (Studi Kasus: Pakuwon Mall Surabaya)

Authors

  • Indira Dwiyanza Noviantika Universitas Brawijaya
  • Herry Santosa

Keywords:

kualitas visual, fasade bangunan, Pakuwon Mall, persepsi masyarakat, preferensi publik

Abstract

Fasade merupakan bagian terpenting dari sebuah objek arsitektural karena fasade menjadi elemen yang diapresiasi pertama kali oleh pengamat. Fasade pada bangunan komersial harus memiliki kualitas visual yang tinggi untuk meningkatkan daya tarik pengunjung. Penelitian ini mengambil Pakuwon Mall Surabaya sebagai objek studi, mengingat mall tersebut merupakan mall terbesar di Surabaya dan terletak di sudut jalan sehingga memiliki beberapa orientasi. Dalam penelitian ini ingin mengkaji bagaimana persepsi masyarakat terhadap fasade Pakuwon Mall dengan tujuan untuk mengetahui orientasi dan bagian fasade yang paling diminati oleh masyarakat. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif untuk mengetahui people preference yang mengacu kepada pilihan yang lebih diminati masyarakat, dan dianalisis dengan analisis frekuensi dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sisi yang paling diminati masyarakat adalah sisi utara yang berada tepat di sudut jalan. Sedangkan elemen fasade yang paling diminati masyarakat adalah bentuk massa bangunan Pakuwon Mall.

Downloads

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles