Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Perilaku Pengunjung Pada Kafe La Aquanos Malang
Abstract
Kota Malang adalah kota terbesar nomor dua di Jawa Timur disebut juga sebagai kota pelajar. Kondisi ini menuntut adanya penyediaan fasilitas untuk berkumpul. Hal ini sejalan dengan adanya tren kafe di masyarakat, khususnya para remaja. Menanggapi fenomena ini para pelaku bisnis kuliner tidak lagi hanya memikirkan tentang produk yang mereka jual, namun juga tentang store atmosphere yang ada di dalam kafe mereka, agar pengunjung merasa betah dan menikmati suasana kafe yang ada. Tujuan dari dilakukanya penelitian ini guna melihatap apakah terdapat pengaruh yang ditimbulkan store atmosphere terhadap perilaku pengunjung di dalam kafe la aquanos Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dengan behavioral mapping dan pembagian kuisioner terhadap 70 responden yang semuanya adalah pengunjung kafe la aquanos pada waktu pengamatan. Hasil kuisioner akan dianalisis menggunakan statistika. Dari hasil pengolahan data didapatkan nilai sig. = 0,000 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan store atmosphere memberikan pengaruh yang signifikan (64.5 %) terhadap interaksi dan durasi pengunjung di dalam kafe la aquanos Malang dan variabel yang paling berpengaruh adalah tata letak serta suhu udara.
Kata kunci: store atmosphere, kafe la aquanos, perilaku, statistika