Interior Ruang Kelas Unit Pelayanan Anak di GPIB Margo Mulyo Batu dengan Konsep Holistic Child Development

Authors

  • Serra Vin Cornelia Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Damayanti Asikin Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Triandi Laksmiwati Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Abstract

Ruang kelas Sekolah Minggu sebagai ruang ibadah anak seharusnya dapat mendukung aktivitas ibadah secara menyeluruh sesuai dengan karakter anak, yaitu perkembangan fisik, sosio-emosional, kognitif, dan spiritual. Keempat aspek perkembangan tersebut bersifat menyeluruh dan saling terkait, yang dapat dipahami sebagai Holistic Child Development (HCD). Untuk menjawab kebutuhan perancangan, maka konsep HCD inilah yang akan diterapkan ke dalam 3 ruang kelas anak. Metodologi yang digunakan adalah metode deskriptif, dengan pengumpulan data primer melalui observasi dan wawancara serta pengumpulan data sekunder berupa pustaka dan studi komparasi objek sejenis. Dari hasil perancangan dapat diketahui penerapan aspek perkembangan anak dalam ruang kelas, tema interior, dan karakter ruang kelas yang berbeda sesuai dengan tahapan usia anak pada masing-masing kelas. Selain itu, sebagai wadah untuk aktivitas ibadah bagi anak maka nilai-nilai Kristiani juga dapat dimunculkan dalam desain.
Kata kunci: interior, anak, sekolah minggu, perkembangan anak holistik

Downloads

Published

2014-10-30

Issue

Section

Articles