Evaluasi Ruang Gerak dengan Pendekatan Metode Pembelajaran BCCT Pada Pendidikan Pra Sekolah (Studi Kasus : BSS Children Center)

Authors

  • Apriani Alifi Rusdi Universitas Brawijaya
  • Rinawati Puji Handajani Universitas Brawijaya

Abstract

Kurikulum 2013 PAUD yang ditetapkan oleh pemerintah telah disesuaikan dengan kebutuhan anak. Kurikulum tersebut memiliki tiga jenis metode pembelajaran yaitu sudut, area dan sentra. Metode pembelajaran sentra merupakan metode yang paling disarankan karena metode tersebut merupakan hasil pengembangan dari metode pembelajaran yang lain. Sentra atau BCCT (Beyond Center and Circle Time) memiliki tiga tahap pijakan dalam pembelajaran serta mempunyai delapan sentra atau kelas. Tujuh sentra diantaranya merupakan kelas indoor. Aktifitas yang terjadi di dalam kelas menuntut anak untuk belajar lebih aktif dan kreatif, sehingga untuk menunjang hal tersebut ruang kelas harus mampu mewadahi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya. BSS Children Center merupakan lembaga pendidikan anak usia dini yang menggunakan metode pembelajaran BCCT. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesesuaian penerapan metode pembelajaran BCCT dengan kondisi di lapangan. Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan person centered map serta studi literatur untuk membandingkan kondisi di lapangan dengan teori yang ada. Hasil dari evaluasi tersebut untuk mengetahui tingkat kesesuaian penerapan metode pembelajaran BCCT dengan ruang kelas atau sentra di BSS Children Center.  

Kata kunci: BCCT, PAUD, sentra

Author Biographies

Apriani Alifi Rusdi, Universitas Brawijaya

Rinawati Puji Handajani, Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles