PERANCANGAN RUMAH SAKIT UMUM KELAS B PENDIDIKAN UNIDA MANTINGAN DENGAN PENERAPAN KONSEP GREEN HOSPITAL

Authors

  • Maulana Wahyu Rizki Syahputra Brawijaya University - Architecture
  • Tito Haripradianto Brawijaya University - Architecture

Abstract

ABSTRAK

 

Saat ini Universitas Darussalam Gontor berencana untuk membangun Fakultas Kedokteran di UNIDA Mantingan, Ngawi. Salah satu fasilitas yang dibutuhkan dalam kegiatan pembelajaran dan penelitian dari fakultas kedokteran adalah rumah sakit pendidikan.

Rumah sakit merupakan salah satu bangunan dengan kebutuhan energi yang besar untuk kegiatan operasional setiap hari. Jika tidak digunakan secara efektif, maka bangunan dapat menghasilkan emisi karbon yang tinggi. Dimana hal ini merupakan salah satu faktor yang dapat mempercepat pemanasan global. Maka dari itu konsep green hospital dapat menjadi solusi untuk perancangan rumah sakit di masa depan.

Metode pragmatis digunakan dalam merancang rumah sakit ini, karena desain berfokus pada fungsi. Dilakukan juga observasi, dokumentasi, studi literatur, dan studi komparasi objek sejenis untuk mendapatkan data yang diperlukan dalam proses perancangan. Sehingga didapatkan hasil berupa rancangan skematik Rumah Sakit Pendidikan UNIDA yang berlandaskan pada konsep green hospital.

 

Kata kunci: Rumah Sakit Pendidikan, Rumah Sakit Ramah Lingkungan

 

ABSTRACT

 

Darussalam Gontor University is currently planning to build a Faculty of Medicine at UNIDA Mantingan, Ngawi. One of the facilities needed in the learning and research activities of the medical faculty is a teaching hospital.

The hospital is one of the buildings with large energy consumptions for daily operational activities. If not used effectively, the building can produce high carbon emissions. Where this is one of the factors that can accelerate global warming. Therefore, the concept of green hospital can be a solution for hospital design in the future.

The pragmatic method is used in designing this hospital, because the design focuses on function. Observations, documentation, literature studies, and interviews were also conducted to obtain the data needed in the design process. So that the results are obtained in the form of a schematic design of the UNIDA Teaching Hospital which is based on the concept of green hospital.and results.

 

Keywords: Teaching Hospital, Green Hospital

Downloads

Published

2023-08-03

Issue

Section

Articles