Accessibility Difficulties Faced by Persons with Phusical Disabilities in Lecture Buildings

Kesulitan Aksesibilitas yang Dihadapi Penyandang Disabilitas Tunadaksa pada Gedung Perkuliahan

Authors

  • Salwanda Rachmawari Universitas Brawijaya
  • Triandariani Mustikawati Universitas Brawijaya

Abstract

Aksesibilitas pada bangunan publik merupakan aspek yang harus dipenuhi sesuai dengan kebutuhannya tidak terkecuali aksesibilitas untuk penyandang disabilitas. Bangunan publik yang dimaksud salah satunya adalah bangunan pendidikan. Berbeda dengan jenjang pendidikan lain, karakter pembelajaran pada pendidikan tinggi mengharuskan pengguna untuk menyesuaikan ruang perkuliahan dengan berpindah sesuai kebutuhan. Universitas brawijaya yang telah menerapkan konsep inklusi dalam penyelenggaraan kegiatan perkuliahannya mencatat terdapat 111 mahasiswa penyandang disabilitas yang aktif pada perkuliahan tahun 2022 dengan 23.1% diantaranya merupakan penyandang disabilitas tunadaksa. Penelitian ini berdimensi evaluatif bertujuan untuk mengetahui hambatan aksesibilitas yang dihadapi penyandang disabilitas tunadaksa pada saat melakukan mobilitas untuk perkuliahan. Penelitian ini akan mengunakan metode kualitatif deskriptif dengan observasi pada partisipan penyandang disabilitas tunadaksa yang menggunakan kursi roda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna kursi roda mengalami kesulitan pada elemen sirkulasi yang berhubungan dengan perpindahan elevasi dan perpindahan antar ruang.

Downloads

Published

2023-08-01

Issue

Section

Articles