Rekayasa Tata Cahaya Alami Pada Ruang Kelas Pondok Pesantren Darul Hikam Mojokerto
Authors
Septian Pradana Jefry Yuwono
Brawijaya University
Septian Pradana Jefry Yuwono
Brawijaya university
Abstract
Pondok Pesantren Darul Hikam merupakan salah satu jenis pendidikan dengan pencahayaan alami sebagai sumber pencahayaan utama pada ruang kelas. Namun, beberapa bukaan pada bangunan ini menggunakan material kaca es dan menggunakan bahan berupa penutup tambahan lainnya untuk menutup beberapa jendela dikarenakan silau. Tidak meratanya pencahayaan pada tiap ruang kelas juga menjadi salah satu masalah pada bangunan ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif evaluatif dan eksperimental Data intensitas pencahayaan alami eksisting diambil dengan alat luxmeter dan disimulasikan dengan software Dialux 4.12. Variabel bebas yang diteliti yaitu jendela (posisi, dimensi, material), dan pembayang (eksterior dan interior). Sedangkan variabel terikat meliputi intensitas dan distribusi pencahayaan alami dalam ruang. Standar intensitas pencahayaan alami pada ruang kelas adalah 250 lux. Setelah dilakukan perlakuan terhadap jendela dan pembayang yang meliputi pergantian material kaca, penambahan jendela, penambahan top lighting, serta penambahan lightshelf, area dengan intensitas pencahayaan standar meningkat hingga 82%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa dengan dilakukannya perlakuan terhadap tiap ruang kelas, kinerja tata cahaya alami dapat ditingkatkan. Kata kunci: tata cahaya alami, pondok pesantren, ruang kelas.