Preferensi Masyarakat dalam Faktor Pengembangan Sumber Air Ngembul Tajinan Sebagai Destinasi Wisata

Authors

  • Ariza Rufaidah Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Subhan Ramdlani Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Abstract

ABSTRAK

Masyarakat dan pemerintah Desa Randugading, Tajinan, yang berada di Kabupaten Malang, ingin mengembangkan sumber air yang terdapat di sana untuk dijadikan destinasi wisata. Sumber Air Ngembul merupakan salah satu suplai air bersih utama untuk Kabupaten Malang dan Kota Malang yang didistribusikan oleh PDAM. Masyarakat yang kerap memanfaatkan Sumber Air Ngembul sebagai tempat wisata memiliki peran penting dalam pengembangan wisata. Preferensi masyarakat yang juga berlaku sebagai pengguna utama dibutuhkan untuk mengetahui aspek-aspek yang menjadi prioritas dalam pengembangan wisata. Data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi lapangan, dan juga kuesioner. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan metode kualitatif yaitu eksplanatori untuk menjelaskan kondisi aktual lapangan untuk membantu analisis kuantitatif dengan analisis faktor. Dari analisis faktor terbentuklah tujuh faktor baru yang dapat menentukan elemen yang menjadi prioritas dalam pengembangan wisata Sumber Air Ngembul dilihat dari bobot kontribusinya. Faktor I Amenitas Utama Wisata, Faktor II Wisata Budaya, Faktor III Aksesibilitas di Dalam Tapak, Faktor IV Rekreasi Air, Faktor V Kelengkapan Elemen Lanskap, Faktor VI Wisata Ekologi/Alam, dan Faktor VII Amenitas Penunjang Wisata.

Kata kunci: preferensi, wisata, analisis faktor

ABSTRACT

The community and government of Randugading Village, Tajinan, which is located in Malang Regency, wanted to develop the water springs there to be a tourism destination. Ngembul Water Source is one of the main clean water supply for Malang Regency and Malang City distributed by PDAM. People who often use the water source Ngembul as a tourism destination has an important role in tourism development. Preferences of the community, that also apply as a primary user are needed to know the priority aspects of tourism development. Data collected through interviews, field observations, and also questionnaires. The collected data was analyzed by qualitative method that is explanatory to explain the actual condition of the field to assist the quantitative analysis with factor analysis. From the factor analysis, seven new factors was formed that the factors can determine the elements that become a priority in the tourism development of Ngembul Water Resources seen from the weight of its contribution. Factor I is Primary Tourism Amenities, Factor II is Cultural Tourism, Factor III in Site Accessibility, Factor IV is Water Recreation, Factor V Completeness of Landscape Element, Factor VI Ecological / Nature Tourism, and Factor VII Supporting Tourism Amenities.

Keywords: preference, tourism, factor analysis

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles