Kualitas Visual Koridor Jalan Pasar Besar Malang Berdasarkan Persepsi Masyarakat
Abstract
ABSTRAK
Kota Malang merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya. Selain itu kota Malang juga memiliki letak yang sangat strategis ditengah-tengah wilayah kabupaten Malang. Hal ini diharapkan bahwa sarana dan prasarana perkotaan yang dimiliki dapat menunjang kegiatan perekonomian secara dinamis sehingga menjadi simultan perubahan kota ke arah industri dan jasa, termasuk pariwisata dan pendidikan. Kota Malang juga merupakan kota yang memiliki potensi dalam hal perdangan dan jasa, salah satu generator perkembangan kota Malang adalah aktivitas perdagangan yaitu Pasar Besar Malang. Jalan Pasar Besar berperan penting pada perdagangan dan jasa. Pada kawasan ini terdapat beberapa masalah yang kompleks diantaranya peningkatan lalu lintas yang mengakibatkan perkembangan perdagangan dan jasa. Hal ini menyebabkan diperlukan pengendalian terhadap intensitas bangunan. Terdapat kios kios yang tidak tertata dengan rapi bahkan berdagang pada area pedestrian, dimensi yang kurang sesuai, signage yang ada tidak tertata dan tertutup oleh vegetasi. Bentuk dan skyline bangunan yang berbeda bahkan terjadi ketimpangan. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian campuran, dimana terdapat metode penelitian dan analisis kuantitatif maupun kualitatif. Setelah penelitian dilakukan, dapat dipahami bahwa setidaknya terdapat empat faktor pembentuk kualitas visual di koridor jalan ini, yaitu Faktor Daya Tarik, Faktor Kesinambungan, Faktor Keindahan, dan Faktor Keterlingkupan. Terdapat hubungan positif antar faktor meskipun hubungan yang terjadi tidak terlalu kuat. Variabel Pengidentifikasian menjadi variabel yang paling kuat kecenderungannya yang kemudian variabel Keterlingkupan yang plaing lemah kecenderungannya terhadap kualitas visual di koridor Jalan Pasar Besar Malang. Di sisi lain, terdapat beberapa variabel yang belum menunjukkan kecenderungannya, seperti variabel keterlingkupan. Variabel lain yang tidak disebutkan menunjukkan kecenderungan sifat yang cukup.
Kata kunci: Kualitas Visual, Koridor Jalan, Persepsi Masyarakat