Pengaruh Kualitas Komponen Daya Tarik Wisata Terhadap Revisit Intention Dengan Kepuasan Wisatawan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Wisata Bahari Lamongan)
Abstract
Abstrak: Peningkatan kepadatan aktivitas dapat memicu terjadinya stres pada
masyarakat. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan mendapatkan
hiburan seperti pergi ke taman hiburan. Salah satu pengembangan taman hiburan
adalah taman hiburan tematik (theme park). Wisata Bahari Lamongan (WBL)
merupakan salah satu contoh theme park di Indonesia yang memiliki peningkatan
jumlah pengunjung tiap tahunnya. Namun terjadi penurunan jumlah kunjungan
wisatawan saat setelah pandemi Covid-19 (2022) yang tidak mencapai jumlah
kunjungan saat sebelum pandemi Covid-19 (2019), sehingga secara tidak langsung
mengungkapkan adanya penurunan kepuasan wisatawan dan minat berkunjung
kembali wisatawan (revisit intention). Revisit intention dipengaruhi oleh kualitas
komponen daya tarik wisata dan kepuasan wisatawan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi tingkat kualitas komponen daya tarik wisata pada Wisata
Bahari Lamongan (WBL) dan mengeksplorasi pengaruhnya terhadap kepuasan
wisatawan serta revisit intention pada Wisata Bahari Lamongan (WBL). Metode
yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan pengumpulan data
menggunakan accidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan
bahwa seluruh komponen daya tarik wisata yang terdiri dari attrcations,
amenities, accessbilities, ancillary, activities, human resources, images, dan
prices pada Wisata Bahari Lamongan (WBL) memiliki kualitas baik. Selain itu,
didapatkan temuan bahwa komponen daya tarik wisata berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan wisatawan, serta terhadap revisit intention melalui
kepuasan wisatawan.