Persepsi Pengunjung terhadap Penerapan Prinsip Biophilic pada Lifestyle Center di Indonesia (Studi Kasus The Breeze BSD City)

Authors

  • Nada Atha Shahirah Universitas Brawijaya
  • Iwan Wibisono

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 di Indonesia, masih ditemukan fenomena pusat perbelanjaan yang sepi
pengunjung. Perubahan kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia akan sebuah pusat
perbelanjaan telah berubah, dimana saat ini masyarakat cenderung mengharapkan pusat
perbelanjaan sebagai salah satu tempat untuk melakukan interaksi sosial dibandingkan aktivitas
berbelanja. Lifestyle center dapat menjadi jawaban akan perubahan kondisi dan kebutuhan
tersebut, karena pusat perbelanjaan ini mampu melayani berbagai aktivitas dan kebutuhan
primer maupun sekunder masyarakat, terlebih jika disandingkan dengan prinsip biophilic yang
dapat membantu pemulihan kondisi mental masyarakat. Penelitian ini mengkaji persepsi
pengunjung terhadap penerapan prinsip biophilic pada The Breeze BSD City sebagai salah satu
lifestyle center pertama di Indonesia yang mengintegrasikan konsep alam, dengan menggunakan
metode kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa The Breeze BSD City telah menerapkan seluruh pola dari prinsip biophilic, serta didapati
hasil yang positif dari hubungan antara penerapan prinsip biophilic pada The Breeze BSD City
dengan persepsi pengunjung secara keseluruhan, pengalaman berkunjung dan berbelanjanya,
serta popularitas lifestyle center.

Downloads

Published

2024-07-31