Child Development Center dengan Pendekatan Arsitektur Interaktif di Kota Malang
Abstract
Tumbuh kembang anak usia dini merupakan hal yang krusial karena akan membentuk karakteristik dan pengetahuan dasar anak untuk kedepannya, yang mana dalam prosesnya tidak luput dari kemungkinan terjadinya gangguan. Untuk itu, diperlukan sebuah fasilitas tumbuh kembang anak yang mampu mengoptimalkan proses tumbuh kembang anak usia dini dengan mengintegrasi aspek edukasi yaitu pendidikan anak usia dini dengan aspek psikologi yaitu klinik tumbuh kembang anak. Namun, di Kota Malang belum tersedia fasilitas yang mengintegrasi kedua aspek tersebut, dengan kondisi eksisting hanya setengah dari fasilitas pendidikan anak usia dini yang memenuhi standar, termasuk dari segi arsitekturnya. Child Development Center menjadi solusi dengan mewadahi kebutuhan tumbuh kembang anak di Kota Malang secara terintegrasi di satu fasilitas yang sesuai standar dengan memanfaatkan implementasi Arsitektur Interaktif, guna menunjang proses tumbuh kembang anak, baik dari segi sosial maupun segi motorik dan kognitif. Pendekatan paradigma Empirisisme diterapkan melalui observasi lapangan dan sekunder untuk menemukan keterkaitan sifat, karakteristik, serta kegiatan anak dengan Arsitektur Interaktif, lalu diterjemahkan dalam bentuk arsitektur yang sesuai untuk tumbuh kembang anak. Hasil perancangan tidak hanya menghasilkan sebuah fasilitas yang lengkap untuk tumbuh kembang anak, namun juga mampu mengoptimalkan tumbuh kembang melalui tata ruang, alat permainan edukatif sebagai elemen arsitektural, permainan elevasi, serta bentuk bangunan.
Kata kunci: child development center, pendidikan anak usia dini, klinik tumbuh kembang anak, arsitektur interaktif.