Pengaruh Elemen Interior pada Brand Identity Fashion Store di Mall Olympic Garden Malang
Abstract
ABSTRAK
Perkembangan industri fashion dan era digital yang meningkat signifikan menyebabkan persaingan bisnis fashion yang semakin ketat dan memunculkan gaya hidup baru yang menyebabkan retail offline mengalami penurunan minat. Penerapan brand identity pada elemen interior retail fashion menjadi strategi persaingan bisnis yang dapat digunakan untuk bertahan dan menaikan kembali eksistensinya. Pusat perbelanjaan atau mall menjadi tren dan gaya hidup yang belakangan ini sedang digemari, pada pusat perbelanjaan terdapat banyak tenant untuk berbelanja, selain itu pusat perbelanjaan juga dilengkapi oleh tempat hiburan lainnya. Mall Olympic Garden yang merupakan mall terbesar di Malang dan destinasi wisata belanja favorit yang tersedia berbagai tenant fashion yang tersebar termasuk 3Second, Hammer, dan Kattoen yang menjadi objek penelitian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan elemen interior yang digunakan sebagai brand identity fashion store dan untuk mengetahui pengaruh brand identity pada elemen interior tersebut terhadap daya tarik pengunjung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga objek penelitian telah berhasil menerapkan brand identity pada elemen interior retail dengan persentase yang berbeda dengan urutan keberhasilan yang tertinggi adalah Kattoen, dilanjutkan dengan 3Second dan Hammer. Pengaruh brand identity pada elemen interior juga ditemukan berpengaruh terhadap daya tarik pengunjung.
Kata kunci: interior, brand identity, fashion store, daya tarik pengunjung
ABSTRACT
The development of the fashion industry and significantly increasing digital age led to increasing competition in the fashion business and new lifestyles that led to a decline in interest in offline retail. Applying brand identity to interior elements becomes a competitive business strategy that can be used to survive. Shopping centers have become a lifestyle that has been popular lately, at shopping centers there are many tenants to shop, besides the shopping center is also equipped with other entertainment venues. Mall Olympic Garden is the largest mall in Malang and a favorite shopping destination available to various fashion tenants spread out including 3Second, Hammer, and Kattoen. This research was conducted to find out the application of interior elements used as brand identity fashion stores and to know the influence of brand identities on the interior elements on the attractiveness of visitors. The method used in this research is mix method. The results of this research show that the three objects have successfully applied brand identity to the interior element with different percentages and showed that brand identity on the interior element influences the attractiveness of visitors with the highest success sequence is Kattoen, continued with 3Second and Hammer.
Keywords: interior, brand identity, fashion store, visitor attractiveness