Hubungan Elemen Arsitektural Terhadap Pembentukan Soundscape Balai Kota Tangerang

Authors

  • Oliver Hartanto Universitas Brawijaya
  • Wasiska Iyati

Abstract

Ruang Ruang terbuka publik di Balai Kota Tangerang di pusat kota memberikan pengalaman ruang yang indah dan sesuai dengan budaya setempat. Ini tidak hanya terlihat, tapi juga terdengar. Elemen arsitektural memainkan peran dalam membentuk soundscape di wilayah ini.

           Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana elemen arsitektural membentuk soundscape di ruang terbuka publik Balai Kota Tangerang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, termasuk studi literatur, observasi lapangan, kuesioner, dan wawancara.

    Suara di Ruang terbuka publik Balai Kota Tangerang dipengaruhi oleh aktivitas di dalam ruang terbuka publik itu sendiri. Sebagian elemen arsitektural yang membentuk soundscape hanya bertujuan memberi kesan estetis pada aspek visual, sementara yang lain memiliki peran sebagai filter atau barrier. Ada peluang untuk meningkatkan dinamika yang baik dan saling menguntungkan dari sudut pandang audial agar terkoneksi dengan elemen visual dan meningkatkan Enabled Outcome menjadi sangat tinggi.

 

Kata kunci: soundscape, elemen arsitektural, ruang terbuka publik

Downloads

Published

2023-01-31