KAJIAN KEMUDAHAN AKSESIBILITAS PENYANDANG DISABILITAS PADA STASIUN KOTA BARU SISI TIMUR MALANG
Abstract
Pelayanan publik pada sektor pariwisata dapat mempengaruhi jumlah kunjungan wisatawan. Begitu pula, pentingnya penyediaan aksesibilitas beserta fasilitas yang dapat digunakan oleh semua orang. Keberadaan Stasiun KA Sisi Timur merupakan salah satu penyedia fasilitas publik dan penunjang dalam pengembangan sektor pariwisata Malang. Hal tersebut dikarenakan pengguna jasa angkutan kereta api tiap tahunnya mengalami peningkatan. Dengan meningkatnya minat masyarakat, membuat stasiun sudah selayaknya menerapkan aksesibilitas yang tepat sesuai standar yang berlaku. Namun kebutuhan fasilitas yang aksesibel distasiun masih minim dan belum diterapkan dengan baik sesuai yang ditetapkan pemerintah. Maka dari itu, perlu adanya tindak lanjut untuk mengetahui tingkat kesesuaian terhadap standar pemenuhan hak kemudahan aksesibilitas fasilitas penyandang disabilitas. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diawali observasi dengan simulasi keberangkatan dan kedatangan penumpang penyandang disabilitas khususnya kursi roda kemudian dilakukan pengukuran sesuai acuan standar. Hasil dari penelitian ialah pengelompokan tingkat kesesuaian, sehingga diketahui secara jelas ruang-ruang mana yang membutuhkan perhatian lebih, selain itu didapatkan titik hambatan pada penumpang ketika beraktivitas.