Tingkat Kesesuaian Tata Ruang Interior Area Tunggu Stasiun Malang Kota Baru Terhadap Protokol Kesehatan New Normal
Authors
Grahita Karenza Maharani Anwar
Universitas Brawijaya
Rinawati P Handajani
Universitas Brawijaya
Keywords:
stasiun kereta api, area tunggu stasiun, tata ruang interior new normal
Abstract
Stasiun kereta api merupakan sarana transportasi umum yang digunakan sebagai tempat keberangkatan dan keberhentian kereta api. Pemberlakuan PSBB dimasa pandemi COVID-19 mengharuskan kereta api untuk berhenti beroperasi sementara. Beroperasinya kembali kereta api pada bulan Mei membuat jumlah penumpang kereta api mengalami peningkatan secara nasional, peningkatan jumlah pengguna kereta api juga terjadi di Kota Malang pada Stasiun Malang Kota Baru. Stasiun Malang Kota baru secara ketat menerapkan protokol kesehatan new normal yang sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/382/2020. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kesesuaian penerapan tata ruang interior pada area tunggu Stasiun Malang Kota Baru dimasa new normal yang sesuai dengan protokol kesehatan. Metode yang digunakan merupakan metode analisi deskriptif kualitatif. Setelah unit amatan ditentukan dari rumusan masalah, analisis dilakukan dengan membandingkan data hasil observasi dengan protokol kesehatan pada stasiun yang telah diatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih terdapat ketidaksesuaian dengan protokol kesehatan pada fasilitas protokol kesehatan, perabot dan tata letak, sistem ventilasi dan signage protokol kesehatan. Dari analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa elemen yang secara dominan menyebabkan ketidaksesuaian dengan protokol kesehatan pada area tunggu Stasiun Malang Kota Baru adalah fasilitas protokol kesehatan.Â