Aksesibilitas Pengguna Kursi Roda (Studi Kasus : Ruang Pengunjung di Perpustakaan Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang)

Authors

  • Amilia Rosa Yunita Brawijaya University
  • Rinawati P Handajani

Abstract

Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang sebagai perguruan tinggi yang menerima mahasiswa dengan kebutuhan khusus dituntut untuk menyediakan fasilitas yang memadai bagi para mahasiswa penyandang disabilitasnya Pada penelitian ini perpustakaan sebagai salah satu fasilitas terbesar yang ada pada suatu perguruan tinggi menjadi fokus penelitian yang akan diteliti aspek aksesibilitasnya. Elemen aksesibilitas yang diteliti terbagi menjadi empat bagian, yaitu hubungan vertikal, hubungan horizontal, sarana dan prasarana, serta kebutuhan ruang gerak pada ruang-ruang pengunjung perpustakaan untuk dilihat kesesuaiannya dengan Permen PUPR No.14/PRT/M/2017. Metode yang digunakan yakni kualitatif-deskriptif dengan strategi penelitian berupa observasi lapangan. Hasil dari penelitian ini mengatakan bahwa terdapat 12 dari 30 aspek aksesibilitas pada perpustakaan Universitas Brawijaya dan 5 dari 23 aspek aksesibilitas pada perpustakaan Universitas Negeri Malang yang belum mengacu sepenuhnya pada peraturan yang berlaku. Tidak mengacunya sebuah perancangan bangunan dengan peraturan bisa menyebabkan bangunan tersebut tidak bisa diakses secara mandiri oleh penyandang disabilitas yang berdampak pada fungsi-fungsi didalam perpustakaan tersebut tidak berjalan dengan optimal.

 

Kata kunci: aksesibilitas, kursi roda, perpustakaan

Downloads

Published

2019-07-31

Issue

Section

Articles