Distribusi Pencahayaan Alami Terhadap Kenyamanan Visual pada Ruang Kelas SMA Negeri 7 Malang

Authors

  • Muhammad Fadillah Pratama Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang

Abstract

Sebagai wadah kegiatan belajar mengajar bagi siswa dan guru, ruang kelas idealnya dikondisikan dengan pencahayaan yang cukup guna mendukung aktifitas di dalamnya. Standar pencahayaan di ruang kelas sesuai dengan SNI, yaitu 250 lux/m² diatas bidang kerja, namun beberapa fasilitas ruang kelas tidak memiliki kondisi pencahayaan yang dipersyaratkan tersebut. Hal ini terjadi pada beberapa ruang kelas di gedung SMA Negeri 7 Malang. Studi ini membahas desain arsitektural yang dapat dihadirkan pada gedung SMA tersebut guna mencapai kondisi pencahayaan ruang yang ideal. Rekomendasi warna dan material interior, ukuran luas bukaan, dan penambahan komponen ‘lightshelves’ diberikan melalui serangkaian tahapan pengukuran nilai cahaya pada beberapa ruang kelas hingga predikisi pencahayaan ruang yang terjadi melalui program simulasi komputer. Studi ini menunjukkan bahwa dengan perubahan warna dan material interior hanya terjadi perubahan pada bagian perabot, menjadi warna putih yang bermaterialkan poli propilen, kemudian memperluas ukuran bukaan 2-30% pada 5 ruang kelas dari 7 sampel ruang kelas, serta penambahan lightshelves selebar 1 m dan tinggi 50 cm, dengan jarak 50 cm-2 m di depan ruang kelas dapat meningkatkan distribusi pencahayaan alami sebesar 72-100%, dengan persepsi kenyamanan visual pengguna yaitu sangat nyaman.

 

Kata kunci: Pencahayaan Alami, Kenyamanan Visual, Ruang Kelas, Distribusi

Downloads

Published

2019-03-12

Issue

Section

Articles