Evaluasi Tingkat Kepuasan Pengunjung terhadap Desain Interior Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang

Authors

  • NI KOMANG DEWI P. UNIVERSITAS BRAWIJAYA
  • WULAN ASTRINI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

Abstract

Perpustakaan selain memberikan pengetahuan dan informasi, perpustakaan juga bertujuan memberikan kepuasan bagi para pengunjung perpustakaan melalui desain interior ruang baca di dalam perpustakaan. Pada Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang, masalah-masalah desain interior dapat ditemukan seperti kapasitas pengunjung perpustakaan yang belum memadai dan sirkulasi yang sempit. Selain itu, pada area koleksi, pencahayaan alami cukup minim sehingga penggunaan lampu menjadi lebih dominan. Masalah-maslah desain interior ini tentu dapat memengaruhi tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengunjung terhadap desain interior pada Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Metode analisis yang digunakan adalah Customer Satisfaction Indeks (CSI) dengan dasar perhitungan diperoleh dari hasil analisis Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil analisis Customer Satisfaction Indeks (CSI) diperoleh nilai tingkat kepuasan sebesar 95,35 % artinya pengunjung perpustakaan merasa sangat puas dengan desain interior Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang. Tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan belum mencapai nilai maksimum yaitu 100%, sehingga masih ada elemen desain interior Perpustakaan Umum dan Arsip Kota Malang yang masih belum memuaskan bagi pengunjung perpustakaan tersebut.

Downloads

Published

2018-07-31

Issue

Section

Articles