Implementasi Tagline pada Desain Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran

Authors

  • Novia Yuliani Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang
  • Iwan Wibisono Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya Malang

Abstract

Tagline merupakan salah satu strategi pemasaran untuk mengkomunikasikan suatu brand/produk kepada konsumennya. Tagline sebagai janji dari suatu produk yang di dalamnya memiliki manfaat fungsional dan emosional brand. Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran merupakan salah satu akomodasi pariwisata di Kabupaten Pacitan Jawa Timur yang menerapkan tagline untuk menawarkan keunggulan produk kepada calon konsumen khususnya wisatawan. Tagline Kampoeng Pacitan “A place to eat, relax and spend the night. Enjoy your trip to Pacitanâ€. Dari banyaknya kata tagline yang digunakan, relax merupakan kata positif yang seharusnya dapat dibuktikan kesesuaiannya di lapangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian implementasi tagline dengan kata kunci “relax†pada desain Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Evaluasi kesesuaian tagline dibatasi pada implementasi arsitektural yaitu desain tapak dan desain bangunan serta aktivitas relaksasi pengunjung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksisting keseluruhan implementasi yang sesuai dengan tagline rileks pada Kampoeng Pacitan Bungalow & Restoran yaitu 62,5%. Pengoptimalan pada desain diharapkan dapat menjaga konsistensi tagline yang digunakan dan aktivitas relaksasi pengunjung dapat terpenuhi.

 

Kata kunci: tagline, rileks, desain arsitektural, aktivitas relaksasi

Downloads

Published

2018-01-24

Issue

Section

Articles