Persepsi Pengunjung terhadap Tingkat Kenyamanan Bnagunan Pelayanan Kesehatan (Studi Kasus : RSIA Melati Husada Kota Malang)

Authors

  • Astried Kusumaningrum Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Indyah Martiningrum Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Abstract

Sebuah bangunan dirancang untuk dapat mengakomodasi aktivitas danmemberikan lingkungan yang nyaman dan sehat bagi penggunanya. Penelitian inimembahas tentang aspek-aspek kenyamanan bangunan dalam sebuah desainarsitektur dan pengaruhnya terhadap kenyamanan penggunanya. Penelitian inidilakukan pada RSIA Melati Husada Kota Malang, Jawa Timur. Kenyamananbangunan diukur berdasarkan 4 aspek utama yaitu kenymanan ruang, kenyamananvisual, kenyamanan termal dan kenyamanan audio. Pengumpulan data dilakukandengan observasi langsung dan kuesioner yang disebarkan pada 2 area amatan(fasilitas rawat jalan dan rawat inap). Data dianalisis dengan menggunakan metodecampuran kuantitatif-kualitatif untuk menghasilkan tingkat kenyamanan aspekaspekkenyamanan bangunan. Berdasarkan hasil kuesioner didapatkan bahwavariabel-variabel amatan berada dalam kondisi baik atau mendapatkan nilai baikoleh penggunanya. Hasil lainnya menunjukkan bahwa pada 2 area amatan terdapatperbedaan variabel yang mempengaruhi kenyamanan pengguna secara signifikan.Tujuan dari studi ini adalah untuk melihat tingkat kenyamanan bangunanberdasarkan persepsi pengunjung dan faktor kenyamanan bangunan yangmempengaruhi kenyamanan pengunjung pada RSIA Melati Husada Kota Malang.

Kata kunci: kenyamanan bangunan, kenyamanan ruang, kenyamanan visual,kenyamanan termal, kenyamanan audio

Downloads

Published

2017-10-31

Issue

Section

Articles