Fasad Hi-Tech Mall Surabaya dengan Konsep Fasad

Utari Sulistyandari, Agung Murti Nugroho, Heru Sufianto

Abstract


Upaya branding kota Surabaya sebagai kota wisata dengan basis wisatawan bisnis, dilakukan oleh pemkot Surabaya dengan menciptakan slogan yaitu, “Sparkling Surabaya”. Sebagai ikon Sparkling Surabaya Hi-Tech Mall cukup tertinggal dengan ikon yang lainnya. Penampilan Hi-Tech Mall tidak representatif baik sebagai ikon Sparkling Surabaya maupun sebagai pusat perbelanjaan IT terbesar di Jawa Timur. Oleh karena itu dibutuhkan suatu rancangan desain fasad yang atraktif pada Hi-Tech Mall Surabaya. Perancangan fasad ini menghasilkan desain fasad yang menciptakan suatu daya tarik melalui beberapa elemen fasad (teknologi fasad terkini, material, pencahayaan pada fasad). Sehingga dapat mendukung fungsi bangunan dan citra kawasan secara optimal. Hasil desain merupakan perubahan desain pada fasad Hi-Tech Mall bagian barat dan timur menggunakan kolaborasi teknolgi fasad; double skin facade, pre-cast, fasad kinetik, dan teknologi LED. Keatraktifan fasad pada siang hari didukung oleh kolaborasi fasad dan bentuk fasad. Sedangkan pada malam hari keatraktifan fasad didukung oleh permainan pencahayaan pada fasad yang menggunakan teknologi LED. Material yang digunakan adalah alumunium composite panel (ACP) karena merupakan material yang sanggup mendukung kolaborasi teknologi fasad serta pencahayaan pada fasad yang diterapkan.

Kata kunci: fasad bangunan, Hi-Tech Mall, fasad atraktif, bangunan komersial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.