OPTIMALISASI RUANG DALAM PADA PUSAT KOMUNITAS FILM INDIE DI KOTA MALANG

Authors

  • Ario Desta Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Rinawati P Handajani
  • Indyah Martiningrum

Abstract

Sebuah pusat komunitas film indie memiliki karakter sendiri baik dari film indie maupun komunitasnya. Dengan memiliki karakter tersendiri maka sebuah pusat komunitas film indie yang memiliki studio bioskop memiliki konsep yang berbeda dengan bioskop komersial. Dengan menggunakan karakter film inide dan komunitasnya ini bangunan ini akan memaksimalkan tingkat kenyamanan di dalamnya. Walaupun memiliki karakter yang berbeda, studio pada pusat komunitas film indie ini dirancang sesuai dengan standar akustik dan sudut pandang pada bioskop, sehingga selain menambah tingkat kenyamanan dengan menyesuaikan karakter ruangan dengan penggunanya, tingkat kenyamanan ini ditambah dengan sudut pandang dan akustik yang sesuai standar.
Studi utama yang dilakukan adalah studi karakter film indie dan komunitasnya. Dengan mengamati dan menganalisa film indie akan didapatkan sifat-sifatnya dan dengan mengamati dan menganalisa komunitasnya ini akan mendapatkan macam-macam aktifitas yang dilakukan dalam sekaligus sifatnya. Berdasarkan hasil analisa dan pengamatan itu maka dihasilkan kebutuhan ruang yang sesuai dengan kegiatan komunitas film indie dan sifat-sifatnya.
Hasil dari studi tersebut berupa desain sebuah pusat komunitas film indie dengan ruang-ruang yang diperlukan untuk aktifitas komunitas film indie dan karakter-karakter ruang yang sesuai dengan karakter komunitas film indie dan film indie itu sendiri. Harapannya pusat komunitas film indie ini akan menjadi sebuah percontohan bagi kota-kota lainnya untuk membuat bangunan serupa
Kata kunci : Film indie dan komunitas, Karakter , Tingkat kenyamanan.

Downloads

Published

2014-05-05

Issue

Section

Articles