Kajian Green Building pada Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang

Authors

  • Barra Pasuka Dewa Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Agung Murti Nugroho Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya
  • Muhammad Satya Adhitama Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Brawijaya

Abstract

Green Building merupakan suatu konsep bangunan ramah lingkungan yang sudah menjadi perhatian khususnya di negara beriklim tropis. Indonesia merupakan negara dengan iklim tropis dengan suhu dan kelembaban yang tinggi. Maka pada tahun 2009, sebuah lembaga GBCI (Green Building Council Indonesia) dibentuk untuk memberikan pratik-praktik bangunan ramah lingkungan kepada masyarakat. Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas dengan skala wilayah yang luas. Parameter bangunan yang dipilih adalah bangunan dengan bentukan vertikal, geometri bangunan, bentukan massa, bangunan berlantai 6-8 lantai, fungsi perkantoran dan perkuliahan, dan orientasi bangunan Utara-Selatan. Maka terpilih bangunan Gedung Dekanat FT-UB. Penelitian ini dilakukan untuk mengukur seberapa jauh tingkat Green Building pada bangunan obyek Gedung Dekanat. Metode penelitian observasi dengan deskriptif kualitatif. Pengamatan, wawancara, dan pengukuran menggunakan alat ukur sebagai pelengkap kajian penelitian ini. Pada gedung tersebut akan dinilai dari standar Greenship dengan 6 kriteria utama. Kriteria utama tersebut adalah Basic Green Area, Electric Sub Metering, Water Metering, Fundamental Refrigerant, Indoor Health and Comfort, dan Basic Waste Management. Setelah dilakukan kajian terhadap obyek, diperoleh nilai 40 poin dengan predikat BRONZE. Kemudian peneliti memberi rekomendasi agar naik satu predikat mejadi SILVER dengan nilai akhir 54 poin. Rekomendasi tersebut diantaranya pada kriteria Water Metering, Indoor Healt And Comfort dan Electrical Sub Metering.Kata kunci: Green Building, Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya, Greenship, rating/sertifikasi.

Downloads

Published

2016-05-03

Issue

Section

Articles