Persepsi Visual Pengunjung terhadap General Interior Zara Store Pakuwon Mall Surabaya

Authors

  • Hosea Dandy Wibowo
  • Tito Haripradianto

Keywords:

toko retail, general interior, persepsi

Abstract

Pertumbuhan e-commerce yang pesat membuat konsumen cenderung belanja online karena konsumen menemukan ketidakpuasan dalam berbelanja di toko fisik. Namun konsumen tetap ingin mempertahankan adanya toko fisik karena pada toko fisik konsumen mendapatkan pengalaman yang tidak bisa ditemukan di toko online. General interior merupakan bagian dari store atmosphere yang mempengaruhi persepsi pengunjung terhadap toko fisik. Zara Store merupakan salah satu tenant utama di Pakuwon Mall Surabaya yang general interior-nya berpengaruh signifikan terhadap store image atau persepsi yang didapatkan pengunjung, dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi visual pengunjung terhadap desain interior pada Zara Store Pakuwon Mall Surabaya. Penelitian ini menggunakan strategi kuantitatif deskriptif dengan cara memberikan kuisioner kepada 100 responden. Elemen general interior dinilai berdasarkan 4 elemen visual yaitu bentuk, warna, tekstur, dan material. Pengukuran data menggunakan skala semantic diferensial. Ditemukan bahwa elemen general interior Zara Store Pakuwon Mall Surabaya dinilai sangat baik dengan elemen pencahayaan yang mendapat penilaian tertinggi dan elemen kasir yang mendapat penilaian terendah. Berdasarkan skala penilaian, ditemukan bahwa elemen general interior secara keseluruhan dinilai sangat bagus namun netral (tidak unik).

Downloads

Published

2022-07-29

Issue

Section

Articles