Elemen Interior sebagai Brand Identity Restoran Cepat Saji di Kota Malang

Authors

  • Zahra Faradin
  • Rinawati Puji Handajani

Keywords:

restoran cepat saji, interior, brand identity

Abstract

Gaya hidup masyarakat modern yang menginginkan semua serba cepat membuat pertumbuhan bisnis restoran cepat saji tercatat sebagai pertumbuhan yang tinggi di berbagai belahan dunia. Kota Malang memiliki perkembangan bisnis restoran cepat saji yang pesat. Banyaknya restoran yang bermunculan dengan fasilitas dan jenis layanan serupa, diantaranya merupakan restoran dengan citra terbaik menurut IMAC Award tahun 2019-2020, yaitu McDonald’s, KFC, dan Burger King menyebabkan persaingan antar restoran menjadi semakin ketat. Brand identity merupakan strategi bisnis untuk membedakan satu restoran dengan restoran lainnya yang serupa sekaligus alat untuk mempromosikan diri yang dapat diidentifikasi dengan desain interior restoran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan elemen interior pada restoran cepat saji di Kota Malang sudah sesuai dengan aspek-aspek brand identity, yaitu clear vision, unique story, dan energy. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek penelitian McDonald’s dan KFC telah menerapkan elemen interior sesuai dengan tiga aspek brand identity restoran cepat saji dengan presentase 100%, sedangkan Burger King berhasil menerapkan dengan presentase keberhasilan 80%, dimana restoran belum memenuhi indikator aspek clear vision pada perabot.Kata kunci: restoran cepat saji, interior, brand identity

Downloads

Published

2022-05-02

Issue

Section

Articles