Tingkat Kesesuaian Adaptasi Ruang Kelas Terhadap Panduan Pembelajaran di Masa New Normal di SMA Negeri 2 Bondowoso

Authors

  • Winda Resti Wahyu Ningrum Universitas Brawijaya
  • Rinawati Pudji Handajani Universitas Brawijaya

Keywords:

new normal, ruang kelas, tingkat kesesuaian

Abstract

Masa new normal memaksa setiap bangunan publik, tidak terkecuali bangunan pendidikan untuk menerapkan protokol kesehatan untuk menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19. Ruang kelas sebagai salah satu ruang aktivitas siswa di dalam bangunan pendidikan memerlukan penyesuaian terhadap panduan pembelajaran new normal agar dapat mengurangi risiko penularan virus saat pembelajaran tatap muka. Penelitian ini bertujuan untuk menilai tingkat kesesuaian adaptasi ruang kelas di SMA Negeri 2 Bondowoso terhadap panduan dan peraturan yang berlaku pada masa new normal dan diharapkan dapat menjadi masukan sekolah yang akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Metode yang digunakan adalah kualitatif-kuantitatif dengan pendekatan komparatif. Rancangan kualitatif digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara deskriptif, sedangkan rancangan kuantitatif digunakan untuk mengolah data dengan matematis sederhana untuk membantu dalam menganalisis data secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kesesuaian ruang kelas adalah cukup dengan temuan 50% ruang kelas dengan tingkat kesesuaian tinggi serta 6% ruang kelas dengan tingkat kesesuaian sedang, dan 46% ruang kelas memiliki tingkat kesesuaian rendah dan dibutuhkan beberapa penyesuaian kembali terhadap panduan pembelajaran new normal terutama pada aspek signage; penataan perabot; dan sistem ventilasi.

Downloads

Published

2021-07-31

Issue

Section

Articles