PENGARUH ELEMEN INTERIOR TERHADAP RESPON EMOSI PENGGUNA RUANG KELAS MELALUI SIMULASI DIGITAL

Artika Laksitakristi, Rinawati P. Handajani

Abstract


Perubahan kurikulum SMA yang berkelanjutan dan banyaknya waktu yang dihabiskan dalam hal akademik adalah beberapa penyebab stres akademik. Fenomena stres akademik beresiko dialami oleh pelajar SMA di kota-kota Indonesia, salah satunya pelajar di SMA Negeri 2 Surabaya. Interior ruang kelas dapat berkontribusi mengurangi stres dan memicu emosi positif melalui penerapan elemen-elemennya. Penelitian menggunakan metode eksperimental kuantitatif berskema one-shot case study dengan menyimulasikan secara digital elemen interior pada tiga ruang kelas di bangunan SMA Negeri 2 Surabaya untuk mengetahui respon emosi siswa SMA.  Elemen interior yang disimulasikan adalah elemen berunsur alam dari elemen material dan elemen dekorasi, serta penggunaan elemen aksen warna hangat.  Dari perpaduan elemen yang diteliti menghasilkan enam ruang simulasi di setiap objek ruang kelas, sehingga terdapat 18 simulasi ruang untuk direspon siswa dalam kuisioner.  Sampel dipilih dengan metode non-probability accidental sampling. Hasil respon emosi siswa selanjutnya diuji dengan uji ANOVA dan dianalisis secara deskriptif. Hasil analisis data dari 108 responden adalah desain interior ruang kelas dapat memengaruhi respon emosi siswa secara signifikan. Ditinjau dari keberadaan setiap elemen dalam simulasi pemodelan digital, keberadaan elemen berunsur alam memberikan pengaruh yang lebih besar dalam penilaian dibandingkan elemen warna.


Keywords


elemen interior; pelajar SMA; emosi; simulasi digital

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.