Pola Konfigurasi Ruang Pusat Perbelanjaan Modern di Malang Melalui Pendekatan Space Syntax

William Anda Resta, Herry Santosa

Abstract


Pusat perbelanjaan di Indonesia mengalami perkembangan yang pesat. Hasil dari Lembaga survei properti Colliers International mengatakan bahwa tren pasar dari pusat perbelanjaan akan terus meningkat. Kota Malang menjadi salah satu kota yang akan melakukan penerapan smart city kedepannya. Sesuai dengan tujuan kota Malang, Beesmartcity mengungkapkan indikator smart ekonomi berperan sebesar 17% dalam pengaplikasian smart city. Pusat perbelanjaan modern merupakan bagian dalam sektor perdagangan di kota Malang menjadi salah satu faktor yang menyumbang pertumbuhan di bidang ekonomi sejumlah 5.73% berdasarkan data badan pusat statistik (BPS) pada tahun 2019. Dengan tingginya peran pusat perbelanjaan modern dalam aspek ekonomi di Malang, diperlukan penelitian mengenai kemudahan pemahaman pengunjung terhadap pola konfigurasi ruang sebagai faktor kenyamanan pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemudahan pemahaman pengunjung terhadap model konfigurasi ruang pusat pebelanjaan modern di kota Malang melalui kajian space syntax analysis dengan metode kuantitatif deskriptif. Objek penelitian yang digunakan adalah pusat perbelanjaan yang memiliki tingkat popularitas tinggi berdasarkan layanan google review. Hasil studi ini menyimpulkan bahwa pusat perbelanjaan modern di Malang dengan tingkat kepuasan pengunjung tertinggi berdasarkan survei google review memiliki tingkat kemudahan dalam pemahaman ruang yang rendah.


Keywords


Space Syntax Analysis, Pola Konfigurasi Ruang, Konektivitas, Pusat Perbelanjaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.