PENGARUH PEMBAYANGAN TERHADAP KONDISI SUHU RUANG TERBUKA PUBLIK THAMRIN 10 JAKARTA

Sheila Melati Azhari, Jono Wardoyo

Abstract


Thamrin 10 adalah ruang terbuka yang terletak pada pusat ibu kota DKI Jakarta. Dengan memiliki fugsi sebagai sarana pengunjung dan komunitas berkomunikasi, Thamrin 10 memiliki permasalahan termal dikarenakan letak Thamrmin 10 yang dikelilingi oleh bannyak bangunan tinggi dan berada di pinggir jalan arteri utama menyebabkan mudahnya terpapar polusi udara dari kendaraan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kondisi suhu udara antara bagian yang terbayangi oleh massa bangunan dan bagian yang tidak terbayangi, mengetahui perubahan pola bayangan yang terjadi pada periode tertentu dan untuk mengetahui kinerja material permukaan dalam kemampuannya menurunkan suhu udara pada saat terbayangi.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan  pendekatan kuantitatif. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa grafik yang terjadi adalah suhu rendah pada jam 10.00 kemudian suhu naik hingga puncaknya pada jam 12 dititik 2D sebesar 37.9 oC dan kemudian turun kembalik hingga mencapai suhu terendah pada jam 16.00 dititik 4D sebesar 32.9 oC.


Keywords


pembayangan; suhu udara; ruang terbuka

Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.