Penerapan Prinsip Tanggap Iklim Tropis Pegunungan pada Arsitektur Vernakular Rumah Tinggal (Studi Kasus di Dusun Sumbersari, Kec. Karangploso, Kab. Malang)

Authors

  • Faizzah Karimah Brawijaya University
  • Andika Citraningrum Brawijaya University

Keywords:

Arsitektur Tanggap Iklim, Iklim Tropis, Pegunungan, Rumah Tinggal Vernakular

Abstract

ABSTRAK

 

Indonesia memiliki berbagai kondisi alam karena keberadaannya di daerah beriklim tropis. Oleh karena itu, banyak strategi dalam mendesain rumah tinggal yang disesuaikan dengan kondisi alam setiap daerah, termasuk di kawasan pegunungan yang memiliki suhu dingin. Studi kasus yang diangkat adalah pada rumah tinggal vernakular di Dusun Sumbersari, Desa Tawangargo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana prinsip tanggap iklim tropis pegunungan yang diterapkan serta bagaimana pengaruhnya terhadap kenyamanan termal pada bangunan.

Penelitian menggunakan metode rasionalis kualitatif dan didukung dengan data yang bersifat kuantitatif berdasarkan pada indikator dan tolak ukur yang digunakan untuk meneliti kenyamanan termal dari kondisi lingkungan seperti suhu, kelembaban, dan kecepatan angin sebagai akibat dari penerapan prinsip arsitektur tanggap iklim tropis di pegunungan.

Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan saat mendesain rumah tinggal di daerah pegunungan melalui penerapan prinsip tanggap iklim tropis.

 

Kata kunci: Arsitektur Tanggap Iklim, Iklim Tropis, Pegunungan, Rumah Tinggal Vernakular.

 

ABSTRACT

 

Indonesia has various natural conditions due to its existence in tropical climates. Therefore, there are many strategies in designing houses that are adapted to the natural conditions of each area, including mountainous areas that have cold temperatures. The case of study is in a vernacular house in Sumbersari Hamlet, Tawangargo Village, Karangploso District, Malang Regency. This research was conducted to determine how the principles of response to the tropical mountain climate are applied and how it affects thermal comfort in buildings.

This research uses qualitative rationalist methods and is supported by quantitative data based on indicators and benchmarks used to examine thermal comfort from environmental conditions such as temperature, humidity, and wind speed as a result of applying the principles of responsive tropical climate responsiveness in mountains.

This research is expected to be an idea when designing houses in mountainous areas through the application of tropical climate responsiveness principles.

 

Keywords: Climate Response Architecture, Tropical Mountain Climate, Vernacular Residence.

Downloads

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles