Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Sentra Kopi Sudimoro Malang

Authors

  • Valentina Yuniasri Vania Universitas Brawijaya
  • Rinawati Pudji Handajani Universitas Brawijaya

Keywords:

store atmosphere, kafe, keputusan pembelian, Sentra Kopi Sudimoro

Abstract

Perkembangan bisnis kafe di Kota Malang yang semakin pesat dan pertumbuhan jumlah target konsumen kafe yang semakin tinggi memicu pertumbuhan pusat-pusat kafe di Kota Malang, salah satunya Sentra Kopi Sudimoro. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen di Sentra Kopi Sudimoro Malang, serta mengetahui kriteria elemen store atmosphere yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif dan deskriptif. Metode pemilihan sampel kafe menggunakan pendekatan ruang pandang binokular. Metode analisis data dilakukan dengan analisis kondisi eksisting secara deskriptif, analisis mean score, dan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini yaitu store atmosphere yang terdiri dari storefront, lantai, warna, pencahayaan, tekstur dinding, perabot dan kebersihan memiliki pengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 26,6%. Secara parsial, hanya elemen pencahayaan yang memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 99,3%. Sehingga kriteria elemen store atmosphere yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen dilihat berdasarkan hasil sintesis analisis pada elemen pencahayaan.

Downloads

Published

2020-07-30

Issue

Section

Articles