Penilaian Persepsi Visual Pengunjung terhadap Elemen Interior Koridor Pusat Perbelanjaan di Surabaya (Studi Kasus: Pakuwon Mall Surabaya)

Windhy Frida Iswara, Herry Santosa

Abstract


Pakuwon Mall yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya dibangun dengan konsep menyediakan seluruh kebutuhan dalam satu tempat. Oleh karena itu, desain interior ruang merupakan salah satu faktor pendukung tecapainya konsep tersebut yaitu agar pengunjung dapat melakukan aktivitas dalam memenuhi semua kebutuhannya dengan nyaman. Koridor sebagai “jembatan” bagi pengunjung menuju toko atau tujuan lainnya di dalam mal memiliki peran penting untuk menjaga kenyamanan dan ketertarikan pengunjung. Kenyamanan dapat dicapai melalui persepsi visual dimana persepsi ini dapat mempengaruhi perilaku. Sehingga terdapat keterkaitan antara interior koridor mal dan persepsi visual guna terciptanya kenyamanan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana persepsi visual pengunjung terhadap elemen interior koridor Pakuwon Mall. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif yang dengan analisis mean score. Hasil penelitian menunjukkan persepsi visual pengunjung terhadap koridor titik A Pakuwon Mall yang mana merupakan koridor menuju Grand Atrium mendapat penilaian sangat baik dilihat dari mean score yang didapatkan terbesar dibandingkan kedua titik koridor lainnya.


Keywords


persepsi visual, elemen interior, koridor, pusat perbelanjaan, Pakuwon Mall

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.