Pengaruh Elemen General Interior terhadap Shopping Behavior pada Ritel Fashion Wanita

Authors

  • Atika Khalda Ramadhani Purba
  • Rinawati Pudji Handajani

Abstract

Adanya tuntutan akan tren fashion yang terus berkembang tiap saat khususnya dalam fashion wanita menyebabkan peningkatan jumlah ritel fashion di berbagai Kota di Indonesia termasuk Kota Malang. Hal tersebut menyebabkan persaingan pasar bisnis ritel yang semakin ketat. Diperlukan adanya strategi pemasaran yang tepat agar para retailer dapat mempertahankan posisi mereka dalam persaingan pasar dimana salah satunya dilakukan dengan aplikasi store atmosphere. Dari beberapa elemen store atmosphere, elemen general interior merupakan salah satu elemen yang memiliki pengaruh signifikan terhadap shopping behavior. Shopping behavior itu sendiri dapat menghasilkan perilaku pendekatan (approach) dimana perilaku pendekatan dapat menghasilkan shopping behavior positif yang dapat memberikan keuntungan pada retailer. Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi pengaruh elemen general interior terhadap shopping behavior. Metode yang digunakan ialah deskriptif-kuantitatif. Penelitian dilakukan pada tiga ritel berbeda dengan jumlah total responden 90 dengan 30 responden pada masingmasing ritel. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh elemen general interior secara simultan terhadap shopping behavior dan besar pengaruh elemen general interior tersebut dapat berbeda-beda pada setiap ritel tergantung dengan kondisi eksistingnya. Kata kunci: store atmosphere, general interior, shopping behavior

Downloads

Published

2020-01-31

Issue

Section

Articles