Pola Pemanfaatan Ruang pada Brawijaya Edupark

Vidya Septianty, Jenny Ernawati

Abstract


Edupark atau taman edukasi merupakan suatu sarana atau media bagi anak-anak usia sekolah dasar untuk memiliki rasa ingin tahu terhadap keilmuan atau sains sehingga miliki motivasi untuk mempelajarinya. Di Malang Jawa timur, terdapat salah satu taman edukasi yaitu Brawijaya Edupark. Taman ini menggunakan metode “Fun Learning Through Playing”. Taman ini juga berencana untuk mengembangkan sebuah High “Quality Edupark” sebagai sarana pengembangan pendidikan anak informal di luar sekolah untuk meningkatkan kepedulian orang tua terhadap pembentukan karakter anak. Saat ini pemanfaatan ruang pada Brawijya Edupark masih terlihat belum merata. Aktivitas yang terjadi juga masih belum sesuai dengan fungsi taman edukasi.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kualitatif dengan tujuan mengidentifikasikan pola pemanfaatan ruang yang ada. Metode observasi yang digunakan adalah teknik placed-centered mapping untuk mengetahui pola aktivitas yang terjadi. Penelitian ini dilakukan pada hari biasa yaitu Senin-Jumat dan hari libur yaitu Sabtu dan minggu di waktu pagi hari pukul 08.00-09.00 dan siang hari pukul 12.00-13.00.

Hasil temuan pola pemanfaatan ruang pada Brawijaya Edupark adalah pada hari biasa pola yang terbentuk adalah linear-grid sedangkan pada hari libur adalah grid-linear.

Keywords


pola aktivitas, pemanfaatan ruang, placed-centered mapping.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.