Tren Desain Fasad Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Malang

Triska Prakasa Wikananda, Indyah Martiningrum

Abstract


Kebutuhan masyarakat urban akan pusat perbelanjaan modern tentu dipengaruhi oleh tren yang selalu bergeser. Dalam perancangan sebuah bangunan pusat perbelanjaan modern, bentuk dan fasad memiliki peranan sangat penting. Pengertian fasad sebagai identitas sebuah bangunan khususnya bangunan komersial, tentu dapat diartikan pula bahwa fasad bangunan komersial terbentuk dari pengaruh budaya dan tren yang berkembang pada saat bangunan tersebut dibangun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kecenderungan desain fasad melalui kajian teori prinsip desain, sehingga akam terbaca arah gejala atau tren desain fasad pusat perbelanjaan modern yang berkembang di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pattern analysis. Dengan kesimpulan berupa, semakin mendekati tahun 2019 muncul adanya penambahan bentuk yang kurang beraturan, dengan permainan variasi penggunaan material berwarna kontras sebagai aksen serta adanya penambahan proporsi elemen pembentuk yang mendominasi. Dengan nilai keseimbangan yang terbentuk cenderung memiliki sifat asimetris dengan pembentuk kesatuan pada fasad dari adanya pengulangan elemen fasad pada lantai dasar.


Keywords


tren, fasad, pusat perbelanjaan modern.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.